Sebagai seorang ibu, tentunya Anda sedikit merasa cemas dengan kualitas jajanan yang dijual di lingkungan sekolah anak. Apakah jajanan itu benar-benar higienis? Apa jajanan dibuat dari bahan yang bagus dan berkualitas? Daripada pusing memikirkan semua itu, sebaiknya Anda membuatkan sendiri bekal dari aneka masakan sederhana. Tapi rasanya dijamin juara. 

Inspirasi Bekal untuk Anak Sekolah

  1. Kentang Panggang

Menu ini bukan hanya terdiri dari kentang biasa. Anda bisa membuat menu kombinasi dari kentang kukus, daging, keju, dan bumbu lainnya. Kemudian setelah bahan tercampur, Anda bisa memanggangnya sebentar di oven. Jangan lupa untuk menaburinya dengan oregano dan daun seledri cincang agar aroma lezat semakin keluar. 

Anak-anak pasti akan suka dengan perpaduan antara kentang dan daging. Apalagi jika Anda tambahkan banyak lelehan mozarella. Bekal ini kaya gizi karena sudah mengandung sumber karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Sebagai tambahan serat, sisipkan juga wortel rebus dan buah. Lengkapi bekal dengan sekotak susu UHT agar anak semakin bertenaga. 

  1. Bihun Goreng

Bihun goreng bisa jadi solusi jika anak Anda sedang bosan makan nasi. Bihun sudah bisa jadi sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Agar lebih sehat, jangan lupa untuk menambahkan menu bihun goreng dengan aneka sayuran dan daging. Anda bisa menambahkan sawi, kol, dan juga wortel. Kemudian sebagai sumber protein, Anda bisa menambahkan daging ayam cincang, smoked beef, ataupun daging sapi cincang. 

Kalau tidak ingin anak kebanyakan memakan karbohidrat, gunakan trik dengan mengurangi bihunnya. Jadi dalam menu ini perbanyak sayuran dan daging. Tata dengan cantik di kotak bekal agar anak tertarik memakannya. Jangan lupa tambahkan juga potongan buah segar yang bisa dimakan setelah bihun goreng habis. 

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng pasti jadi kesukaan anak-anak. Agar tidak bosan dengan menu rumahan satu ini, Anda harus berkreasi dengan variasi yang unik. Misalnya Anda bisa membuat nasi goreng dengan aneka sayuran. Jika anak Anda bosan dengan nasi goreng biasa, Anda bisa mencoba variasi dari negara lain. Cobalah buat nasi goreng tomyum atau yakimeshi. 

  1. Martabak Mie Sehat

Mie identik dengan makanan yang tidak sehat. Banyak orang menghubungkan mie dengan makanan yang banyak mengandung zat aditif dan MSG. Tapi jangan salah, mie tetap bisa jadi menu yang sehat asalkan Anda cermat. Bagi Anda yang suka masak, cobalah membuat mie sendiri kemudian disimpan di freezer. Pasti mie ini lebih sehat tanpa pengawet. 

Kemudian, buatlah kreasi masaka berupa martabak mie sebagai bekal sekolah anak. Caranya pun cukup mudah. Campurkan jadi 1 mie, telur, dan terigu. Tambahkan cincangan bawang bombay dan bawang putih. Kemudian agar lebih sehat, tambahkan aneka sayuran seperti wortel dan buncis. Goreng adonan dengan teflon sampai berubah jadi kecoklatan. 

  1. Sandwich Gulung

Kreasikan roti menjadi menu yang sangat menarik untuk bekal si kecil. Caranya, cobalah membuat menu sandwich gulung yang lezat. Anda bisa memanfaatkan roti tawar yang digiling pipih. Kemudian isi dengan isian yang bergizi seperti campuran sayur dan daging. Jangan lupa tambahkan saos mayonaise kesukaan anak-anak. 

Gulung roti perlahan, celupkan dalam adonan tepung. Kemudian gulingkan dalam tepung panir dan goreng. Bekal ini paling pas dinikmati bersama buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, ataupun buah pir. 

  1. Spaghetti

Mayoritas anak-anak sangat menyukai spaghetti. Anda bisa membuatkan spaghetti dengan saos carbonara yang gurih nan lezat. Manfaatkan pasta spaghetti, susu cair, bawang bombay, bawang putih, dan keju untuk membuat olahan ini. Agar kandungan gizinya lebih seimbang, tambahkan jamur, sayuran, dan juga daging. 

Karena citarasa saos carbonara ini begitu gurih, jangan lupa untuk menambahkan buah yang segar. Anak bisa memakan buah-buahan seperti melon, semangka, apel, atau jeruk sebagai hidangan penutup. Ingatkan anak Anda untuk minum air putih setelah makan bekal ini. 

  1. Nugget Ayam Plus Sayur

Khawatir dengan kualitas nugget instan yang dijual di pasaran? Kenapa Anda tak membuatnya sendiri saja? Cara membuat dan bahannya mudah kok dicari. Nugget bisa dibuat dari daging ayam, tepung terigu, telur, bumbu, dan balutan tepung panir. 

Anda bisa membuat nugget yang lebih sehat dengan ditambah aneka sayuran. Masukkan cincangan kecil wortel, jamur, brokoli. Kubis, buncis, dan lain sebagainya. Jadi menu anak Anda bukan hanya terdiri dari lemak dan protein. Tapi juga ada sumber serat dari sayuran cincangnya. Tambahkan juga buah agar sumber serat dan vitamin semakin banyak. 

  1. Gado-Gado

Gado-gado mungkin terlihat jadi makanan berat untuk bekal anak. Tapi jangan salah, kandungan gizi dari gado-gado ini sangat komplit dan seimbang. Apalagi dalam menu gado-gado ada banyak sekali kandungan serat dari sayurannya. Untuk mengakali agar gado-gado selalu fresh, tempatkan saos kacang di wadah yang terpisah.

Agar terlihat lebih menarik, tambahkan saos lain yang disukai anak. Misalnya mayonaise, saos tomat, pokerace99 dan lain sebagainya. Sajikan gado-gado dalam porsi kecil. Kemudian tambah dengan item menu yang lain seperti buah-buahan. Tambahkan juga lauk seperti nugget, tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, atau smoked beef. 
Komitmen membuatkan bekal sendiri bagi anak memang cukup berat. Apalagi semakin modern, maka waktu semakin tersita untuk pekerjaan. Tapi jika Anda telaten, aneka masakan sederhana yang sehat bisa membuat anak Anda berprestasi di sekolah.